Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cabang dan Nomor Olahraga Atletik

 

Cabang dan Nomor Olahraga Atletik

Jenis cabang olahraga atletik yang banyak diketahui tidak hanya lari, beberapa jenis lainnya adalah lempar, lompat dan jalan. Atletik sendiri adalah cabang olahraga tertua yang ada di dunia. Sebelum cabang olaharaga lainnya hadir, atletik telah lama muncul dari sebelum masehi di Mesir. Cabang olahraga atletik ini dapat dipertandingkan di Olimpiade, SEA GAMES, ASEAN GAMES dan masih banyak lagi. Mari kita mengenal lebih dalam apa saja cabang dan nomor olahraga atletik. Diantara cabang nomor tersebut terdapat pengertian dan aturannya masing-masing. 

Berikut ini macam-macam nomor cabang olahraga atletik yang di pertandingkan  :

1. Nomor Jalan

Jalan cepat adalah salah satu bagian dari nomor cabor atletik yang dipertandingkan pada jarak biasanya  20 km dan 50 km dengan kecepatan maksimal . Pada pertandingan ini dilaksanakan di jalan raya dengan 10-15 kali istirahat.

2. Nomor Lari

Berbeda dengan jalan cepat, nomor cabor kali ini adalah lari. Cabor ini paling banyak dikenal oleh banyak orang. Lari merupakan bagian dari kesehatan hidup manusia, manusia tidak jauh berolahraga dengan lari. Nomor yang dipertandingkan pada cabor lari dapat dibedakan dengan jarak tempuhnya, diantaranya yakni : 
  • Lari jarak pendek (Sprint), jarak lintasan pada lari pendek ini menempuh 100 meter, 200 meter dan 400 meter
  • Lari jarak menengah, nomor lari jarak tempuh lintasan pada lari ini menempuh  800 meter, 1.500 meter dan 3.000 meter
  • Lari jarak jauh, nomor lari yang ditempuh mencapai 5000 meter, 10000 meter,  dan 21.097,5 meter 
  • Lari marathon, nomor lari ini menempuh jarak 42.195 meter
  • Lari estafet, total jarak tempuh untuk 4 orang pelari adalah 400, meter maisng-masing berlari sejauh 100 meter
  • Lari gawang, lari ini menempuh jarak hingga 100 meter dan 400 meter harus melewati rintangan
  • Lari halang rintang, pada lari ini jarak lintasannya adalah mencapai 3.000 meter

3. Nomor Lompat 

Apa saja cabang olahraga atletik nomor lompat yang di pertandingkan? Diantaranya yakni, lompat jauh, lompat tinggi, lompat jangkit dan lompat galah. 

4. Nomor Lempar

Yang terakhir dari cabang olahraga atletik ini adalah nomor lempar, yang terdiri atas : 
  • Lempar lembing (Javelin Throw), olahraga yang dilakukan dengan melempar tombak sejauh mungkin dengan cara yang sudah ditentukan. Lembing yang dipakai untuk perlombaan memiliki ukuran panjang 2,6 - 2,7 meter (putra) dan 2,2-2,3 (putri).
  • Lempar cakram (Discus Throw), olahraga ini dilakukan dengan melempar logam berbentuk piring bundar. Berat cakram yang dipertandingkan adalah 2 kg untuk putra dan 1 kg untuk putri.
  • Lempar martil (Hammer Throw), lempar beban ini membutuhkan kekuatan otot yang maksimal, karena harus dilempar sejauh mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berat martil yang digunakan untuk putra 7,26 kg sedangkan untuk putri 4 kg.
  • Tolak peluru (Short Put), merupakan bagian dari cabang atletik yang menggunakan satu tangan untuk melempar, berat peluru yang dipertandingkan sekitar 16 pon atau 7,26 kg untuk putra sementara untuk putri sekitar 8,8 pon atau 4 kg.

Pada olahraga atletik ini termasuk golongan cabang olahraga yang mudah anda tiru dirumah, karena tidak membutuhkan banyak alat bantu yang sulit. Demikianlah artikel Cabang dan Nomor Olahraga Atletik ini kami paparkan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cabang dan Nomor Olahraga Atletik"

close